Home » , » ONE DAY ONE HADITS (CARA IMAN NINGKATKAN IMAN)

ONE DAY ONE HADITS (CARA IMAN NINGKATKAN IMAN)

ONE DAY ONE HADITS

SENIN,  8 Juli 2019 / 5 Dzulqadah 1440

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ 
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه.

CARA IMAN NINGKATKAN IMAN


الإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ أَوْ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً فَأَفْضَلُهَا قَوْلُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَدْنَاهَا إِمَاطَةُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الإِيمَانِ
Dalam hadits dari Abu Hurairah disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Iman itu ada 70 atau 60 sekian cabang. Yang paling tinggi adalah perkataan ‘laa ilaha illallah’ (tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah), yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalanan, dan sifat malu merupakan bagian dari iman.” 
(HR. Bukhari no. 9 dan Muslim no. 35).

Kandungan Hadits

1. Iman itu Three in one begitu hilang salahsatunya maka nilai imannya diragukan.
وَالْإِيمَانُ قَوْلٌ بِاللِّسَانِ، وَعَمَلٌ بِالْأَرْكَانِ وَعَقْدٌ بِالْجَنَانِ, يَزِيدُ بِالطَّاعَةِ, وَيَنْقُصُ بِالْعِصْيَانِ


“Iman adalah ucapan dengan lisan, amal dengan anggota badan, keyakinan  hati. Ia. Dapat bertambah dengan sebab ketaatan, dan berkurang dengan sebab kemaksiatan. (Lum’ah Al-I’tiqad Al-Hadi ila Sabil Ar-Rasyad)

2. Segala perkara yang baik, cinta ketaatan, semua pengen bertambah, terlebih dalam hal keyakinan. Iman merupakan anugerah dari Allah Ta’ala hanya untuk hamba yang disayangi-Nya. Allah Ta’ala menghiasi dada hamba yang dicintai dengan keimanan.

 وَلَٰكِنَّ اللَّهَ حَبَّبَ إِلَيْكُمُ الْإِيمَانَ وَزَيَّنَهُ فِي قُلُوبِكُمْ وَكَرَّهَ إِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ وَالْعِصْيَانَ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الرَّاشِدُونَ
“Tetapi Allah menjadikan kalian cinta kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hati kalian serta menjadikan kalian benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus”.
 (QS. Al-Hujurat: 7).
3. Tiga cara dahsyat dalam meningkatkan keimanan. (A). Mempelajari ilmu yang bermanfaat, di antaranya adalah membaca Al-Qur`an dan mentadaburinya, mempelajari nama dan sifat Allah Ta’ala, memperhatikan keindahan agama Islam, membaca sirah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan membaca sirah Salafush Shaleh; (B) Memperhatikan ayat-ayat Allah yang kauniyyah; dan (C) Bersungguh-sungguh dalam beramal shaleh, baik dengan hati, lisan, maupun anggota tubuh lahiriyah, termasuk berdakwah di jalan Allah Ta’ala dan menjauhi sebab-sebab yang mengurangi keimanan.
Thanks for reading ONE DAY ONE HADITS (CARA IMAN NINGKATKAN IMAN)

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment